Cara mengobati batuk kering pada anak

Beberapa Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Aman dan Efektif

Batuk pada anak adalah keadaan yang umum. Perihal ini adalah respon alami badan buat menghasilkan virus ataupun kuman dari saluran respirasi. Tetapi, tidak semua obat batuk yang dijual di pasaran aman diberikan pada anak. Lalu, gimana cara mengobati batuk kering pada anak yang aman?

Alih-alih langsung memberikan obat batuk, Kamu bisa mempraktekkan cara alami yang aman buat meredakan batuk kering pada anak. Apa saja itu? Ayo ikuti penjelasan sepenuhnya dalam pembahasan di dasar ini.

Baca juga Pentingnya Vitamin Bagi Anak Bayi!

Penyebab Batuk Pada Anak

Batuk pada anak bisa diakibatkan oleh berbagai aspek, tetapi sebagian besar terjadi sebab terdapatnya peradangan saluran respirasi akibat virus, seperti flu, pneumonia, asma, ataupun bronkiolitis. 

Ada 2 tipe batuk yang biasa terjadi pada anak, ialah batuk berlendir dan batuk kering. Batuk berlendir seringkali diakibatkan oleh peradangan virus ataupun bakteri di saluran respirasi. Sedangkan itu, batuk kering umumnya dipicu oleh alergi.

Batuk sendiri ialah reaksi alami badan buat melindungi saluran hawa dari kotoran supaya tidak tersumbat. Batuk merupakan permasalahan yang wajar apabila terjadi sesekali, tetapi butuh diwaspadai jika terjalin secara terus menerus.

Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak

Batuk yang tidak beresiko pada anak biasanya dapat lenyap dengan sendirinya, dapat kurang ataupun lebih dari 2 pekan. Selama hadapi batuk, Kamu bisa melakukan sebagian upaya di bawah ini buat meredakan gejala sehingga membuat sang anak lebih aman dan tidak rewel.

1. Memberikan Minuman Hangat ataupun Madu

Air hangat dikenal bisa meredakan frekuensi batuk dan kurangi rasa sakit di kerongkongan. Tetapi, cara mengobati batuk kering pada anak dengan air hangat cuma dapat diterapkan jika anak menghadapi batuk berlebihan.

Kamu juga bisa memberikan madu yang diencerkan dengan air hangat. Madu ialah pemanis alami yang bisa menolong meredakan sakit kerongkongan dan batuk. Perihal ini disebabkan madu mempunyai sifat antibakteri yang sanggup melawan peradangan.

Walaupun begitu, Kamu tidak dianjurkan buat memberikan madu kepada anak berumur di dasar satu tahun sebab berisiko menimbulkan botulisme(keracunan).

2. Memberikan Uap Hangat

Cara mengobati batuk kering pada anak selanjutnya dapat dicoba dengan memberikan uap hangat. Tujuannya merupakan menolong mengencerkan dahak dan membuat anak kembali bernapas lega. Uap hangat tersebut dapat didapat dengan menghirup uap dari air hangat ataupun mengajak sang anak berendam memakai air hangat.

3. Memberikan Asi Ekstra

Khusus untuk bayi memberikan Asi eksklusif secara ekstra akan menolong anak dalam melawan peradangan kuman penyebab batuk. Ini sebab Asi memiliki zat pembuat imunitas badan yang bisa meningkatkan imun anak.

Pemberian Asi juga dipercaya efektif sebagai cara mengobati anak batuk berlendir sebab ASI bisa menolong mengencerkan dahak dan menyejukkan kerongkongan.

Apabila anak telah berumur 6 bulan, Kamu bisa memberikan air putih sebagai cairan tambahan. Meningkatkan cairan tubuh akan menolong meringankan gejala batuk sang kecil dan buatnya lebih nyaman.

4. Memasang Humidifier di Ruangan

Memakai humidifier ataupun perlengkapan pelembap hawa merupakan cara mengobati batuk kering pada anak yang bisa Kamu terapkan di rumah. Hawa yang lembab bisa menolong melindungi saluran respirasi sang kecil supaya tidak kering sekalian mengencerkan lendir sehingga gejala batuk dan hidung tersumbat akan mereda.

5. Mengoleskan Minyak Esensial

Cara mengobati batuk kering pada anak selanjutnya merupakan dengan mengoleskan minyak esensial, seperti minyak eucalyptus. Minyak eucalyptus diyakini sanggup menolong menanggulangi batuk dan perih otot saat dibalurkan pada kulit ataupun dihirup lewat hawa.

Oleskan minyak pada kaki, dada, punggung, dan telapak tangan sang anak, setelah itu beri pijatan buat anak secara perlahan. Saat sebelum memakai minyak esensial, Kamu dianjurkan buat bertanya dengan dokter terpaut jenis minyak esensial yang aman buat kulit anak. Kamu bisa memakai layanan telekonsultasi dari klinik atau rumah sakit terdekat untuk  berdiskusi dengan dokter terpaut perihal ini.

6. Mengoleskan Pasta Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang dipercaya sebagai salah satu cara mengobati batuk kering pada anak sampai orang berusia. Kunyit memiliki kurkumin, adalah senyawa yang mempunyai sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri.

Kamu bisa mengkombinasikan kunyit dengan air hangat buat membuat pasta halus. Setelah itu oleskan kunyit pada dada, dahi, dan telapak kaki anak. Sensasi hangat dari kunyit akan menolong mengencerkan lendir dan buatnya lebih mudah keluar.

7. Menaikkan Kepala anak

Cara mengobati anak batuk kering selanjutnya merupakan dengan memposisikan kepala anak sedikit lebih besar saat dia tertidur, misalnya memakai tumpukan bantal yang tidak sangat tebal ataupun lipatan handuk.

Cara mengobati batuk kering pada anak yang satu ini dinilai cukup efektif buat meredakan batuk dan hidung tersumbat akibat pilek. Tetapi, langkah ini sebaiknya dicoba apabila sang kecil telah tiba umur lebih dari satu tahun.

8. Istirahat yang Cukup

Cara mengobati batuk kering pada anak yang sangat efektif merupakan membiarkannya istirahat dengan cukup. Tidurkan anak dalam posisi sangat nyaman. Apabila anak lebih gampang tertidur saat digendong, sebaiknya jangan membaringkannya sampai dia tertidur semuanya.

Untuk anak yang telah berumur 6 bulan ataupun mulai konsumsi MPASI, Kamu bisa memberikan makanan yang bisa menolong meringankan indikasi batuk seperti buah yang memiliki vit C buat meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Bertanya dengan Dokter Anak

Konsultasikan pada dokter anak apabila indikasi batuk tidak kunjung membaik apalagi setelah Kamu melakukan beberapa perawatan di atas. Terlebih jika batuk tersebut diiringi dengan indikasi lain, seperti sesak nafas, demam besar, muntah, nafsu makan menyusut ataupun tidak sanggup menyusu, dan kulit jadi pucat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *